Persamaan antara Ortopedagogik dengan Pendidikan Luar Biasa

Hasil gambar untuk pendidikan luar biasa
Berikut ini adalah Tabel Persamaan antara Ortopedagogik dengan Pendidikan Luar Biasa

Cakupan
Ortopedagogik
Pendidikan Luar Biasa
1
Pemahaman anak luar biasa termasuk jenisjenisnya.
Membutuhkan pelayanan pendidikan khusus
Terbagi ke dalam 6 kategori:
       Kelainan penglihatan
(tunanera)
       Kelainan pendengaran/ bicara(tunarungu wicara)
       Cacat tubuh (tuna daksa)
       Golongan cerdas
       Golongan terbelakang mental
(tuna grahita)
       Kelainan sosial, yang biasa disebut tuna laras

Membutuhkan pelayanan pendidikan khusus
Terbagi ke dalam 6 bagian:
       Bagian A - Pendidikan bagi anak tunanetra
       Bagian B - Pendidikan bagi anak tunarungu
       Bagian C - Pendidikan bagi anak tunagrahita
       Bagian D - Pendidikan bagi anak tunadaksa
       Bagian E - Pendidikan bagi anak tunalaras.
       Bagian G - Pendidikan bagi anak tunaganda
2
Sebab-sebab keluarbiasaan
Berdasarkan waktu kejadiannya, keluarbiasaan dapat terjadi saat prenatal natal dan post natal
Berdasarkan waktu kejadiannya, keluarbiasaan dapat terjadi saat prenatal natal dan post natal. Juga disebabkan faktor-faktor keturunan yang disebut juga faktor






endogeen atau tropographical causes dan faktor-faktor perolehan atau disebut juga faktor exogeen atau etiological causes
3
Sebagai ilmu
Memenuhi syarat-syarat suatu disiplin ilmu, yakni obyek materil, obyek formal, dan metoda sendiri.
Memenuhi syarat-syarat suatu disiplin ilmu, yakni obyek materil, obyek formal, dan metoda sendiri.
4
Landasan dan tujuan
Landasan:
Landasan agama dan perikemanusiaan, Pancasila, hukum positif, sosial ekonomi, martabat bangsa Tujuan:
Memberikan pelayanan pendidikan seperti halnya tujuan pendidikan biasa, namun dengan beberapa penyesuaian sesuai dengan kemampuan anak-anak luar biasa.
Landasan:
Landasan penyelenggaraan PLB berdasarkan historis atau sejarah, psikologis atau ilmu jiwa, sosiologis dan yuridis formal Tujuan:
Untuk mencapai tujuan pendidikan luar biasa, yang berbunyi: “membantu peserta didik yang menyandang kelainan fisik dan/atau mental agar mampu mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai pribadi maupun anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan
alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan dalam dunia kerja atau mengikuti pendidikan lanjutan.”
5
Pengembangan instrkuksional

Tujuan, pelaksanaan dan evaluasi.
Tujuan, pelaksanaan dan evaluasi.
Previous
Next Post »

ConversionConversion EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng
:lv