Karakteristik Siswa kelas VI SD

 


Dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran bahasa Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah media pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran yang tepat dengan kompetensi yang ingin dicapai dapat mempermudah kebiatan belajar mengajar. Salah satu dasar pemanfaatan media adalah karakteristik siswa. Berikut karakteristik siswa kelas VI SD :

1.      Sigmund freud dalam Sumadi Suryabrata  (2004:187 ) Anak kelas 6 SD yang menginjak usia 12 atau 13 tahun , termasuk dalam fase latent: pada fase ini implus-implus cenderung untuk ada dalam keadaan tertekan ( mengendap).

2.      Montessori dalam Sumadi Suryabrata  (2004:188) mengemukakan empat fase periode perkembangan, sedangkan anak sekolah dasar kelas 6 pada umumnya berada pada periode ke-2 (7thn-12thn) adalah periode rencana abstrak. Pada masa ini anak-anak mulai memperhatikan hal-hal kesusilaan, menilai perbuatan manusia atas dasar baik-buruk dan karenanya mulai timbul kata hatinya. Pada masaini anak-anak sangat membutuhkan pendidikan kesusilaan serta butuh memperoleh pengertian bahwa orang lain pun berhak mendapatkan kebutuhannya.

3.      Menurut Santrok (2008:75), Aspek Perkembangan bahasa yaitu :

a.       Periode umum

b.      Usia 9-11 tahun: perkembangan atau perilaku anak yaitu; 1. Definisi kata mencangkup sinonim

c.       2. strategi berbicara terus bertambah

d.      Usia 11-14 tahun: perkembangan atau perilaku anak yaitu: 1. Kosakata bertambah dengan kata-kata abstrak 2. Pemahaman bentuk tata bahasa kompleks 3. Pemahaman fungsi kata dalam kalimat 4. Memahami metafora dan satire.

 


Previous
Next Post »