1. Sigmund freud dalam Sumadi Suryabrata (2004:187 ) Anak kelas 6 SD yang menginjak usia 12 atau 13 tahun , termasuk dalam fase latent: pada fase ini implus-implus cenderung untuk ada dalam keadaan tertekan ( mengendap).
2. Montessori dalam Sumadi Suryabrata (2004:188) mengemukakan empat fase periode perkembangan, sedangkan anak sekolah dasar kelas 6 pada umumnya berada pada periode ke-2 (7thn-12thn) adalah periode rencana abstrak. Pada masa ini anak-anak mulai memperhatikan hal-hal kesusilaan, menilai perbuatan manusia atas dasar baik-buruk dan karenanya mulai timbul kata hatinya. Pada masaini anak-anak sangat membutuhkan pendidikan kesusilaan serta butuh memperoleh pengertian bahwa orang lain pun berhak mendapatkan kebutuhannya.
3. Menurut Santrok (2008:75), Aspek Perkembangan bahasa yaitu :
a. Periode umum
b. Usia 9-11 tahun: perkembangan atau perilaku anak yaitu; 1. Definisi kata mencangkup sinonim
c. 2. strategi berbicara terus bertambah
d. Usia 11-14 tahun: perkembangan atau perilaku anak yaitu: 1. Kosakata bertambah dengan kata-kata abstrak 2. Pemahaman bentuk tata bahasa kompleks 3. Pemahaman fungsi kata dalam kalimat 4. Memahami metafora dan satire.
ConversionConversion EmoticonEmoticon