Permainan Trivial Pursuit

 


1. Pengertian Permainan Trivial Pursuit

Permainan Trivial Pursuit adalah permainan papan yang terdapat jawaban dari pertanyaan di bidang sejarah, olahraga, budaya, dan kategori lain. (id.wikipedia.org). Papan permainan Trivial Pursuit yang luar biasa menarik kutu buku ilmiah dan luas untuk berpartisipasi dan mengungkapkan mereka pengetahuan dalam banyak hal. Permainan Trivial Pursuit tidak mengikuti urutan tertentu dalam bermain dan tergantung pada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Trivial Pursuit adalah permainan papan pertama sepele yang dimulai pada 1979 dan dirilis pada 1981 oleh penemu Chris Haney dan Scott Abbot (www.kalein.net). Termasuk dalam permainan adalah sebuah kotak, kartu pertanyaan, bermain potongan dengan potongan plastik yang sesuai, dan sebuah papan di mana 2-24 pemain dapat menikmati. Subjek yang digunakan dalam hal-hal sepele memiliki warna setara seperti hijau untuk Sains dan Alam, biru untuk Geografi, oranye untuk Olahraga, kuning untuk Sejarah, coklat untuk Seni dan Sastra, dan pink untuk Hiburan. Tujuan permainan ini adalah untuk bergerak sepanjang jalan melingkar, mendapatkan potongan berwarna untuk jawaban yang benar dan jadilah yang pertama untuk kembali ke hub heksagonal.Edisi lain dari permainan ini adalah inovasi oleh Warner Brothers Edition, Trivial Pursuit Junior, Trivial Pursuit Genus IV, V, dan VI.

Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan  bahwa permainan Trivial Pursuit adalah sebuah media interaktif yang menggunakan papan yang nantinya pemain menjawab pertanyaan yang diberikan kepadanya, dan jika berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, maka pemain akan mendapatkan mendali berbentuk segitiga yang sesuai dengan warna dari pertanyaan yang ia jawab. Dan jika pemain mampu mendapatkan keenam segitiga (medali), maka ia dinobatkan sebagai pemenang.

 

2. Cara Penggunaan Permainan Trivial Pursuit

Siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang paling benar dan mengumpulkan potongan dari keenam warna maka  dinobatkan sebagai  master Trivial Pursuit. Sebelum siswa bisa menang, siswa perlu tahu bagaimana cara untuk menggunakan permainan ini :

1.      Untuk memulai, memisahkan kartu warna menjadi warna-kode tertentu tumpukan.

2.      Setiap pemain harus memilih bidak dan menempatkannya di tengah-tengah papan.

3.      Setiap pemain kemudian menlemparkan dadu  untuk melihat siapa yang bermain terlebih dahulu, jumlah tertinggi menjadi pertama, kedua setelah itu, dan seterusnya.

4.      Pemain pertama melemparkan dadu, dan bergerak ke banyak ruang dalam arah pilihan mereka.

5.      Jika ia mendarat di ruang ” Roll” , pemain harus melemparkan dadu lagi dan langkah yang jumlah ruang tambahan.

6.      Ketika ia mendarat pada ruang kosong, ia harus menjawab pertanyaan pada kartu yang sama dengan warna ruang itu. Setiap warna mewakili kategori yang berbeda, sehingga sejumlah pertanyaan sangat bervariasi.

7.      Jika dia menjawab pertanyaan dengan  benar, maka ia tetap melanjutkan gilirannya, tetapi jika ia tidak menjawab pertanyaan dengan benar, maka giliran permainan berikutnya

8.      Untuk memenangkan permainan, pemain harus terlebih dahulu mengumpulkan semua enam dari potongan berwarna di sekitar papan, dan kemudian harus menemaptkan dadunya ketempat semula (di tengah – tengah)

Newest
Previous
Next Post »