Berikut ini adalah tabel perbedaan antara Ortopedagogik dengan Pendidikan Luar Biasa
Cakupan
|
Ortopedagogik
|
Pendidikan
Luar Biasa
|
|
1
|
Pemahaman anak luar biasa termasuk
jenisjenisnya.
|
Tidak hanya meliputi anak-anak yang memiliki kekurangan atau
bermasalah, sehingga membutuhkan pelayanan pendidikan khusus.
|
Mencakup pula anak-anak yang memiliki
kelebihan di atas rata-rata atau anak berbakat atau gifted
|
2
|
Sebab-sebab keluarbiasaan
|
Ditinjau dari waktu terjadinya:
prenatal,.natal, dan post natal
|
Selain prenatal, natal dan
post natal, diperhatikan pula faktor-faktor keturunan yang disebut
juga faktor endogeen atau tropographical causes dan faktor-faktor perolehan atau disebut
juga faktor exogeen atau etiological causes
|
3
|
Ortopedagogik sebagai ilmu
|
Ortopedagogik merupakan sub disiplin ilmu
dari Pendidikan Luar Biasa.
|
PLB mencakup Ortopedagogik
|
4
|
Landasan dan tujuan
|
Landasan:
|
Landasan:
|
•
Landasan sebagai alasan dapatnya ortopedagogik dibangun terdapat pada
diri anak didik yang mempunyai kelainan atau anak didik luar biasa. Seperti
halnya anak normal, anak luar biasa merupakan homo educandum dan homo
educabilis (manusia bersifat mendidik dan manusia bersifat dapat
dididik).
• Landasan
agama dan perikemanusiaan, Pancasila, hukum positif, sosial ekonomi, martabat
bangsa.
• Landasan
sebagai cara mengamalkan ortopedagogik meliputi perbedaan individual,
persamaan dengan anak normal, keterampilan praktis, rasional dan wajar.
Tujuan:
Memberikan pelayanan pendidikan seperti
halnya tujuan pendidikan biasa, namun dengan beberapa penyesuaian sesuai
dengan kemampuan anak-anak luar biasa.
|
Landasan
penyelenggaraan PLB berdasarkan historis atau sejarah, psikologis atau ilmu
jiwa, sosiologis dan yuridis
formal Tujuan:
“membantu peserta didik yang menyandang kelainan fisik dan/atau mental
agar mampu mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai pribadi
maupun anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan
lingkungan sosial, budaya dan
alam sekitar
serta dapat mengembangkan kemampuan dalam dunia kerja atau mengikuti
pendidikan lanjutan.”
|
||
5
|
Pengembangan instrkuksional
|
-
|
-
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon